Cerita hari ini

Bingung mau kasih judul apa.. Hari ini seperti biasa, ngendon dikamar. gak ngapa2in. Akhirnya mencoba OL pake hape dan jalan-jalan ke blog orang maupun ke tempat-tempat favorit lainnya. Membuat saya ingin menuliskan tentang salah satu situs kesukaan saya untuk melampiaskan kerinduan yang dalam terhadap tanah Papua tercinta, yaitu www.yaswarau.com ini

Yaswarau.com, sebuah situs yang didedikasikan kepada setia insan yang mengagungkan cinta. cinta kepada tanah kelahiran, cinta kepada asal, cinta kepada tempat bekerja, cinta kepada sesama, cinta kepada kenangan dan cinta kepada harapan akan hari esok yg lebih baik. semuanya itu akan membuat kita makin cinta kepada Dia, yg menciptakan Tanah sejuta Pesona, Tanah Penuh Harapan, Tanah Papua

Demikian yang dituliskan pada awal halaman situs ini. Yah.. sebuah situs yang dibuat oleh anak-anak Papua.

Ketika masuk di halaman awal, disambut dengan tampilan serba hitam, gambar pemandangan di sebuah kepulauan di Papua, dan lantunan lagu Papua yang membuat hati ini merindukan pulau di ujung timur sana.

Apalagi ditambah gambar ini dibawahnya..

Lihat saja, papeda + cakalang + kangkung + pisang + dan ditutup dengan makan pinang. Kenikmatan yang tiada tara bagi yang suka. Well… saya sendiri meskipun masuk kategori pendatang disana. Sangat menggilai yang namanya papeda dan teman2nya yang diatas itu. Kecuali pinang mungkin, masih belum bisa saya nikmati. Sempat belajar menikmati enaknya pinang seperti teman-teman yang lain di Papua, tapi ternyata lidah susah menikmati. Jadinya cuman bisa mengamati dengan iri teman lain yang asyik mengunyah saat kumpul2.

Saya juga tertarik dengan ajakan ini yang dituliskan teman-teman disana:

Gunakanlah dialek Papua

dalam setiap kesempatan di mana saja,

Kalo sodara ko peduli

Bagi saya ini ajakan untuk tidak melupakan dialek Papua bagi anak-anak Papua meskipun diri kita sudah berada di daerah lain. Ataupun jika masih berada di tanah Papua, jangan sekali-kali melupakan dialek khas Papua hanya karena bahasa gaul yang lain lebih keren ketimbang menggunakan dialek Papua yang khas.

Kenapa khas?? yah karena untuk hal-hal tertentu, menggunakan dialek Papua lebih mantap maknanya, dibanding bahasa gaul lainnya seperti misalnya bahasa Jakarta.

Ini eksistensi kita anak Papua yang semestinya di jaga. Bukan mengekslusifkan diri dari orang lain. Tetapi tentu saja tidak selamanya berbincang dengan orang luar selalu menggunakan dialek khas daerah. Untuk itulah ada bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Di Papua sendiri, ratusan bahasa asli dari tiap suku tentu ada. Oleh karena itu, bahasa Indonesia sering digunakan dengan tentu saja memakai dialek Papua yang kental.

Ketika istilah-istilah luar semakin familiar di telinga anak muda Papua, semoga tidak menghilangkan ciri khas dialek Papua pada umumnya. Saya kira inilah yang ingin diingatkan oleh para pengelola situs yaswarau.com itu.

Secara desain web nya, saya tidak memahami banyak, sehingga tidak ada tempatnya untuk mengomentari bagus tidaknya desain tersebut. Dari segi warna dasar yang hitam, mungkin menggambarkan ciri khas Papua. Adanya fitur-fitur lain seperti shoutbox juga memudahkan untuk sekedar menyapa yang lagi online di situs itu. Buku tamu pun tersedia. Artikel atau Berita juga ditampilkan sekilas tentang perkembangan di Papua maupun tulisan-tulisan dari anak-anak Papua sendiri. Forum untuk saling bertukar pendapat. Gallery berisi foto-foto pemandangan alam, orang-orang Papua, flora fauna disana, sungguh membuat diri ini kagum akan kebesaran Tuhan yang menciptakan Papua dengan indahnya. Ada tempat download untuk lagu-lagu ciptaan anak Papua. Kumpulan koleksi bahasa Papua asli pun ada. Dan juga kamus istilah-istilah gaul ala anak Papua.🙂 Ide yang bagus untuk mengumpulkan itu semua (dalam kamus istilah). Sehingga kita yang kelamaan di luar Papua tetap up to date dengan istilah baru.Jadi kalau pulang ke Papua tidak kaget lagi mendengar kata-kata yang asing.

Dan yang paling saya suka adalah kumpulan cerita mob (cerita lucu), yang di tuliskan oleh teman-teman lain. Membuat hati selalu riang gembira (dan ketawa sampe poro sakit).Itulah ciri khas kita bukan?? mau makan ka tidak makan asal duduk cerita mob sepertinya beban-beban hidup hilang kah…😀

Yah… demikian cerita hari ini. Saya tidak pandai membuat review sebuah website. Ini hanya perasaan saya yang bangga dan senang ada teman-teman yang berpikiran seperti ini. Membuat sebuah situs untuk menyebarkan virus cinta. Cinta pada keagungan Tuhan dan cinta ada tanah Papua tentunya.

————————————

Untuk para admin Yaswarau yang membaca ini, maaf kalau banyak salah kata atau kurang menggambarkan atau apa lah… Yang jelas kam krass…. mantap… Sukses selalu untuk Yaswarau.com

14 thoughts on “Cerita hari ini

  1. @kw:
    hehehe, iya dan saya bangga jg ngeliat situs itu

    @yusdi:
    oh ya?? pernah dengerin jg??

    @unai:
    papeda tuh bubur sagu lah istilahnya. pengen tahu bentuknya?? tau lem kanji yg sering dibuat kalo mau nempel poster2 dimana2??? seperti itu.
    rada menjijikkan yah… tpai klo dah terbiasa enak kok. dan sepertinya membersihkan saluran pencernaan (abis maem buang air mulu)

    @ngodod:
    hati2 mas… ojo ngebut.:mrgreen:

  2. situs yanga andalan, mace memang ko jago. terus berjuang karena harapan sungguh ada bagi mereka yang terus menerus berjuang.

    mace ko orang manakah???
    kl sa orang gunung nihhh.

    saya dari daerah paniai.
    lebih bagus mace ko link kesini saja http://www.oktopogau.co.cc supya kita lebih kenal dekat lagi…..

    salam perjuangan dari tanah perantauan.

  3. sungguh hati ini merasa tersanjung ketika org lain memberi mengapresiasi. barusan saya iseng saja klik ocha pu blog ini, oh ia sebeumnya sa su lur lur (intip intip di FS ) manis juga nih orang ( aeee bore kapa, awasss ). hahahaha nanti ipar NTT bisa bakalai.

    skali lagi thx so much su tulis ttg yaswarau.com , ini bentuk apresiasi yg bagi kami sgt dalam maknanya. Perlu kebesaran jiwa🙂 (maksudnya apa ? yach artikan sendiri sendiri lah ).

    ok sista ocha yang manis.. maju terus ya, blog ini pun manis semanis orangnya.

  4. pokoknya apa aja sukunya, yg namanya budaya indonesia itu tetep harus dipelihara…

    ok cha… hari ini saya gak ngalong kerumahmu, krn masih rada siangan ini tohhh, baru mo jam 11.00 kan??

  5. @okto: makasih e su mampir disini. Sobat ko pu blog jg andalan e.. Mantap. Sm2 berjuang otre.

    @rudolfo: ae… Lur2 tp tra add tuh, tega e.. Ahahahae, tes toh.. Yo.. Slamat berkarya aja.

    @silly: hehe. Budaya kt emang byk yah. Nah justru itu jgn smpe hilang.
    Jam segini ngalong? Haha bences aja bru keluar jam segini. Ngalong tu saat jam kecil istlhx (jam 1 keatas)
    -duh bls pake hp jd kyk sms ni-

  6. Wah hebat ocha ada waktu untuk mereview sebuah website…..nice banget. aku bantu dikit….yah

    Aplikasi terkini!
    Kalo dilihat dari susunan website mungkin ini menggunakan cms….cms apa saya kurang tahu…
    Tapi kalo memang menggunakan CMS saya rekomendasikan untuk menggunakan Drupal atau joomla yang lebih banyak komunitas dan help untuk troubleshootnya.

    Pewarnaan!
    Tidak ada warna dasar yang bertabrakan….cuma sedikit rancu di teks logo yaswarau.com (pink) tidak cocok tabrak lari….mungkin bisa menggunakan tools warna yang bisa mensingkronkan dan merekomendasikan warna yang baik.

    Icon!
    Tidak ada masalah dengan icon cintanya….mungkin untuk menegaskan tentang kecintaan terhadap bumi papua tapi kembali lagi warna masih sedikit tabrak lari(love memang warna merah ya….jadi susah juga).

    Logo!
    Manis sekali. sayang header nya kurang membantu mengimagekan situs ini.

    Tata letak!
    Keliatan terlalu ramai, sehingga sedikit membingungkan ada baiknya dibagi perkategori misalnya galery yang dipojok kanan atas di taruh di pojok kiri dengan susunan terbaik (misal di bawah mp3) sehingga atas hanya untuk header saja.

    Feature!
    Shoutbox sudah bagus, tinggal menambah plugin seperti rss biar bisa summoning di rss feed hehehe…atau polling agar bisa mengajak pengunjung untuk interaktif, atau plugin lain yang bisa membantu menambah image web ini. (plugin tergantung penggunaan cmsnya)

    Most important!
    Website akan semakin menarik jika menampilkan hal yang baru dan up to date. Halaman utama harusnya disusun lebih rapi dan ga’ perlu teksnya diwarnain sebanyak itu keliatan terlalu ramai.

    Mengingat ini buatan anak papua, I give 7.5 point, mudah-mudahan bisa membantu untuk membuat web yaswarau.com lebih bagus.

    (just review)

    Blopini

  7. @mand41l1nc:

    thanks. smoga dibaca admin nya.
    saya sendiri udah bilang gak begitu tahu masalah desain atau apalah. cuman seneng situs ini jadi tempat kumpul yang enak. gak melulu ngomongin yang keras2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s