Festival Danau Sentani 2008

Semalam dalam kegiatan saya mengetik bahan skripsi (tp lebih banyakan main game aja), iseng2 saya dengar siaran radio Pro 3 yg td mlm disiarkan dari RRI Jayapura. Bagi yang ga tahu Jayapura itu apa?? silahkan kembali ke SD -terlalu kalo ga tau-

Baru tahu saya kalo di Jayapura nanti, tepatnya di daerah Sentani akan digelar acara besar yaitu Festival Danau Sentani pada tanggal 19-21 Juni 2008. Ini adalah untuk pertama kalinya festival tersebut di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura. Menurut ketua panitia Frits M Selle (sebagaimana dikutip dalam Media Indonesia),

“Kegiatan festival itu akan menampilkan atraksi budaya dari kampung-kampung (ondoafi) di sekitar Danau Sentani, dan beberapa kabupaten di Papua, sebagai upaya mendukung program Visit Indonesia Year 2008,”

Ada tiga acara utama selama tiga hari penyelenggaraan festival itu yang dimulai dengan Menari Di Atas Perahu pada hari pertama atau 19 Juni yang diikuti sekitar 1040 peserta dari 26 kampung adat (ondoafi).

Sedangkan pada hari kedua yaitu 20 Juni digelar acara Berperang Di Atas Perahu yang diikuti 600 orang dari 20 kampung adat.

Dan pada hari ketiga yaitu 21 Juni dilakukan Parade Budaya di atas perahu dan di darat serta dilakukan upacara sakral masyarakat Sentani seperti penobatan Ondoafi.

Kegiatan ini rupanya telah dipromosikan juga dalam event pariwisata internasional di Bali 2007 kemarin dan juga karena merupakan bagian dari kegiatan Visit Indonesia Year 2008, festival ini masuk dalam Calender of Event Pariwisata Utama Depbudpar (sumber dr sini).

Wah sebagai perantau asal Papua, saya sungguh bangga akan keberanian Pemda Jayapura dalam menyiapkan acara ini dengan skala besar. Papua yang kaya dengan kekayaan alamnya, budaya, dan keragaman flora faunanya, layak utk dapat bersaing dengan Bali yg merupakan kiblat pariwisata Indonesia di mata dunia.

Adanya festival ini dengan 22 suku di sekitaran Sentani dengan bahasa dan tradisi yang berbeda, semoga menjadi pembelajaran bagi seluruh komponen masyarakat di pulau Papua seluruhnya. Agar apa yg kita punya mampu untuk dijadikan daya tarik untuk wisatawan luar bagi Indonesia pada umumnya dan secara khusus Papua. Apalagi selama ini yang sering terkenal adalah Lembah Baliem Wamena, dengan suku Asmat dan Dani yg sudah cukup dikenal. Kali ini Jayapura tidak hanya ingin jadi tempat transit bagi wisatawan yang mau ke Wamena tapi juga bisa menciptakan peluang pengembangan pariwisata di Kabupaten Jayapura sendiri.

Harapan saya semoga Festival ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan sukses. Danau Sentani dapat jadi tempat tujuan pariwisata alam dan budaya yang indah. Kabupaten lain di Papua juga bisa mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Pemda Jayapura ini. Namun semuanya diharapkan tetap memperhatikan konservasi lingkungan yang ada agar tidak cepat rusak karena dijadikan tempat pariwisata, namun tetap dikelola dengan baik.

Sodara2 di belahan bumi Indonesia yang lain, yang hobi jalan2 atau travelling keliling Indonesia, datanglah ke acara Festival Danau Sentani tersebut di kabupaten Jayapura, Papua pada Bulan Juni nanti. Agar anda dapat lebih mengenal pariwisata lain di ujung timur Indonesia ini. Dan jangan takut duluan dengan kata Malaria, nyamuk sini cuma takut sama tiga **** ehh anti nyamuk ding plus losionnya yak. Kalo takut cukup minum pil anti malaria dulu yah. Rugi lho kalo tidak pernah mengunjungi Papua. Untuk info lebih lengkap baca ini.

Sodara2 di Tana Papua, mari sukseskan acara kitorang punya ini. Biar dunia tahu, Papua itu indah, Papua itu yang juga punya bird of paradise (cenderawasih) -selain maluku-, Papua itu yang punya 200 lebih suku dengan tradisi dan bahasa yang beragam. Dan Papua itu aman untuk dikunjungi.

sentani-2.jpg
(danau sentani yang indah)
sentani-3.jpg
(hehe, tulisan beautiful nya salah, mohon dimaklumi)
Foto2 diambil dari web Yaswarau

25 thoughts on “Festival Danau Sentani 2008

  1. @rumahkayubekas: waduh kang justru saya sedang mencari2 komunitas bloger Papua ini dimana.. kalo dah dapet doakan semoga kami bisa buat komunitas yg keren seperti Batagor, Cah Andong, Loenpia, TPC, dll.

  2. Huhuy, koneksi internet di sana byar pet kok… tapi banyak anak Papua yang sekolah ke luar negeri sekarang (banyak yang cerdas dan dapat beasiswa), mudah-mudaha sepuluh tahun lagi lebih canggih koneksi internet mereka dari kita ya? Kalau mau ke sana siapkan diri (capek penerbangan 5 jam dari Jakarta karena harus transit di Makassar atau bahkan bisa beberapa kota sekaligus). Boleh juga tuh idenya bikin komunitas… tak perlu orang lokal yang buat, tapi bisa jadi ‘trigger’. G’luck!

  3. @Mila: yah itulah mbak, banyak golden spot tp miskin hot spot, kekekekeke. mahal lagi kalo main di warnet. cuapyee dyuech. iyah mbak byk kok yang cerdas dan sekolah di LN, semoga jadi pinter n cepat plg membantu orang2 nya disana. Trus nyari orang lokal yg bloger masih susah ni mbak, ketemunya hanya sesama pendatang yg masih akan kembali ke papua ato udh keluar dari papua. Semoga kami jg bisa mewujudkan komunitas bloger Papua. (masak kalah ma yg di Jawa)

  4. Cha, aku sih baru ke dua daerah saja Sorong (lanjut Raja Ampat… laut dan pantai cantik! cari ikan asin masih dijemur…) lalu Mimika (melting pot, banyak orang Jawa kerja di Freeport, udaranya panas terik tak ada angin, Sorong lebih enak!)
    Pokoknya indah… sayang aku gak banyak foto-foto, karena cuma inap semalam saja… eh tapi situs web.papua.go.id atau http://www.papua.org juga cukup informatif. Pokoknya… jadi pingin bikin film a la Denias (tapi dokumenter, karena Denias buatku itu film yang ending-nya stretching gak jelas, bikin ngantuk!)

  5. @Putra: nah itu mas, daquw pengen ada komunitas bloger seperti itu juga. banyak sih anak2 Papua yg juga udah jago2 di dunia internet. ntar aku cari2 dulu.

    @Rumahkayubekas: kang, masih byk tempat2 lain lho, tergantung pengen pariwisata apa disana. yang budaya ada, yang bawah laut ada, ato mau naik puncak Jayawijaya, siapa tau pengen liat salju yg notabene cuman satu di Indonesia ini.

    @Mila: horee, sorong ternyata enak juga kan, iyah mbak, ending Denias kurang greget. *nunggu film buatan mbak Mila*

    @Mbahsangkil: “waduh mbah, jgn kuat2 dong dorongnya” hehehe, seep. semoga bisa kesampaian niat ini.

    @Dini: makasih dah mampir. jogja selalu di hati juga kok. wah blognya bisa untuk belajar2 nih.

  6. Ping balik: Menulis dan Bloger Papua « ocH4 pUnq bLoG

  7. Wah kebetulan kami sekeluarga pingin jalan2 ke Jayapura tapi ngak ada info tujuan wisata tetapi setelah cari2 tujuan wisata di Jayapura, kami ketemu info ini yaitu Festival di D. Sentani pada bulan Juni 2008. Kami sekeluarga dari Balikpapan punya rencana untuk dtang. Info hotel atau penginapan bagaimana?

  8. @Jan Mamarimbing:
    Halo pak, makasih sudah mampir disini. Di Sentani ada bandaranya. So.. kalau menggunakan jalur udara bisa langsung turun di Sentani. Sekitar Sentani tentu saja ada penginapan2 dan hotel2.
    Ini salah satu hotel disana, Hotel Sentani Indah. Coba kontak ke nomor ini pak, (0967-591900). Semoga bisa mendapat tempat menginap di Sentani sana.
    Atau coba klik link ini.. ada informasi pariwisata di Jayapura pak

  9. kt angkap topi buat terlaksananya festival ini. cuman masyarakatnya perlu dipersiapkan dengan baik. jangan kaya kapal selam. mereka muncul hanya setahun sekali. kalau bissa Bpk BUpati Habel bw ada misi dari hasil festival ini keliling dunia. sarana prasarana parawisata dan pengembangan budayanya harus dipersiapkan dengan baik. lakukan pendapingan kepada masyarakta suku sentani. moment ini adalah kebangkitan bagi masyarakat kabupan Jayapura dan Papua pada umumnya. semoga budaya sentani terkenal di seluruh dunia, melalui evaluasi festival ini semoga ada peningkatan utk tahun selanjutnya. Foi moi…Khe mbai umbai

  10. wah ,.salut-salut yang dah pada mlancong ke raja ampat,..danau sentani,.
    saya aja cuman di sorong doang,..hehe karna besar disana,.tapi tuk mlancong ke raja ampat lom sempet..

    salam kenal ya buat smua nya,.and buat tuan rumah blog ini,..

  11. Waduh,,saya jdi ga enak hati ini,,kalah gerak ama tuan rumah blog ini.
    So pastinya,saya mendukung bnget rencana mw bkin komunitas..Cost sya juga ragu2 brgerak tnpa komunitas,takutnya salah
    hehe..:p
    salam kompakan aja bwt smuanya deh..
    Info dri sya sgera mnyusul..Insya ALLAH..Sya akan bwt blog brisi informasi hotel,tmpat pariwisata,tmpat shopping dll di PAPUA..Khususnya Sentani..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s