Tanah Papua, lagu dan penghayatannya

Minggu kemaren, ibu saya dan adiknya alias tante saya, datang ke Jogja ini untuk berlibur sekalian berniat jahat memaksa untuk menjadi penyemangat saya menyelesaikan skripsi. apa daya malah kok repotin yak :D

Tapi malah lumayan, setidaknya ada yang masak di kost, huehuehue

Banyak cerita-cerita mengenai segala hal yang terjadi di Sorong kota asal saya.  Tentang kompleks saya yg selama 7 tahun sudah saya tinggalkan ternyata masih sama seperti dulu, kalau kemarau berdebu kalau hujan becek dan ga ada ojek. tragis

Hingga cerita-cerita lain, namun ada sesuatu hal yang baru saya ketahui. Hal itu adalah mulainya gerakan pemakaian lagu Tanah Papua, yang dinyanyikan oleh Trio Ambisi sebagai lagu persatuan Papua (teman2 asal Papua tolong koreksi juga kalo sa salah e…)

Dalam menyanyikannya pun, seperti misalnya dalam acara-acara penting, dinyanyikan dengan posisi berdiri sambil tangan memegang dada (halah)tangan diatas dada maksudnya (ini ga ngeres kan).

Ada beberapa foto yg dibawa ibu saya, sayang kali ini lupa saya bawa ke tempat mangkal saya ini.

.

Lirik lagu tersebut dibawah ini:

.

di sana pulauku yang ku puja slalu

Tanah Papua, pulau indah

.

hutan dan laut mu

yang membisu slalu

cenderawasih, burung emas

.

gunung-gunung, lembah-lembah

yang penuh misteri

yang ku puja slalu

keindahan alam mu yang mempesona

sungaimu yang deras

mengalirkan

sio ya Tuhan, trima kasih…

.

Untuk melengkapi, coba masang lagunya disini…(tapi gak bisa -ralat) jadi kesana aja kalau mau dengar yah eh maksudnya klik dibawah ini… :D

Tanah Papua by Trio Ambisi

.

Siooooooo… tidak bisa.

air mata jatuh dengar lagu ini.

Papua, tunggu sa pulang!!!

*postingan khusus memperingati bahwa ini posting ke 101 ternyata*

About these ads

39 Responses to “Tanah Papua, lagu dan penghayatannya”


  1. 1 och4mil4n September 20, 2008 pukul 11:57 pm

    *stres ga bisa masukin videonya*

  2. 2 ngodod September 21, 2008 pukul 5:07 am

    itu mungkin disebabkan server ISP anda tau, bahwa sebaiknya bandwidth digunakan untuk hal2 yang berkaitan langsung dengan skripsi…
    *kabur sebelum dipentung…

  3. 4 iman brotoseno September 21, 2008 pukul 1:19 pm

    Saya pernah ditanya sama owwner KFC,..store mana yang tinggkat penjualannya paling tinggi di Indonesia ?
    Jawabannya : Sorong

  4. 5 alle September 21, 2008 pukul 2:49 pm

    @mas iman: koq iso mas?

  5. 6 och4mil4n September 21, 2008 pukul 6:28 pm

    @ngodod:
    *elus2 pacul*

    @gun:
    *nonton gun ngekek*

    @iman:
    HAH!!!! eh tapi bener mas Iman, setelah saya pulang tahun kemarin, KFC sana emang laris manis secara cuman satu, itupun ada kompetitornya yang lain sebenarnya seperti CFC dan juga ayam goreng tulung agung. Pada doyan kali masyarakat sana. :D

    @alle:
    y bisa aja, mungkin klo makan di KFC bagi mereka (saat ini) keren, makanya pada suka makan disana itu

  6. 7 :3 September 21, 2008 pukul 8:45 pm

    medo arife arife
    arife arife demahaya
    medo arife arife
    arife igimahaya

    aduh… aku ingetnya itu…

    sama satu lagi yang lupa judulnya…

  7. 8 Zen September 23, 2008 pukul 12:18 am

    Idup Papua !!! Idup Indonesia Raya !!!!

  8. 9 och4mil4n September 23, 2008 pukul 10:01 am

    @celo:
    apuse??? kekekekek :D

    @Zen:
    Hedoooooop Papua, Hedoooop Indonesia

  9. 10 dhie September 23, 2008 pukul 1:35 pm

    Selamat & hebat, postingannya dah mencapai 101. ;)

  10. 11 kw September 25, 2008 pukul 7:46 am

    papua, aku pengen ke lembah baliem
    pengen menyusuri pantai apa ya namanya yang mirip labirin…. :)

  11. 12 didut September 25, 2008 pukul 9:05 am

    BTW ternyata ke papua itu mahal yak, lbh mahal drpd mo ke bangkok :D

  12. 13 dosengila Oktober 4, 2008 pukul 5:59 pm

    Pengen pulaaaaaaaaang (lagi) ….

    Heeedop Endonesaaaaaaa!!!!

    ~habis-dari-Schiphol-ngantar-teman-pulang

  13. 15 escoret Oktober 11, 2008 pukul 4:39 pm

    tua kelak,jujur..saya pingin punya rumah di belantara sana…

    *pasti bisa bnyk anak*

  14. 16 -=«GoenRock®»=- Oktober 15, 2008 pukul 7:39 am

    Membayangkan och4mil4n menyanyikan lagi itu sambil memegang… eh, maksud saya tangannya diatas dada! :mrgreen:

  15. 17 okta sihotang Oktober 21, 2008 pukul 9:23 am

    tragis emang..
    udah klo kemarau berdebu..
    klo datang hujan jadi BECEK, mw keluar komplek nggak ada OCJEK…ape DECH ;)

  16. 18 Michael-BT Oktober 21, 2008 pukul 1:59 pm

    sangat menyentuh hati buanget lagunya!! mkasih yah lagunya, mengingatkan aku pada tanahku papua dan jd-nya pengen pulang…!! sukses slalu…….**GBU

  17. 19 Michael-BT Oktober 21, 2008 pukul 2:05 pm

    makasih juga yah kax!! dah tambah blog Persipura di blog roll!! salut dah….. smoga success.. slalu**

  18. 22 ibach77 Oktober 30, 2008 pukul 3:13 pm

    negeri terkaya di huni penduduk termiskin

  19. 23 mae Oktober 31, 2008 pukul 5:18 pm

    Ochaaaa… sa su lima taon tara pulang Sorong ni… kangen su tumpuk tumpuk. Kemaren Tya en Mitha nikah ko su tau belom…

    sukses sudah-e…

  20. 24 amma November 1, 2008 pukul 3:20 pm

    jadi bertanya2 nieh..

    adik amma yang sekarang jadi orang sorong (secara suaminya asli sana) sudah bisa lagu itu belom yaks??

    su kangen sama adik beta nih.. :)

  21. 25 och4mil4n November 3, 2008 pukul 3:31 pm

    @dhie:
    makasiih *tersipu-sipu*

    @kw:
    semoga bisa kesana yah nanti :D

    @didut:
    iya, lebih murah ke malaysia en singapura. wekekekek

    @dosengila:
    kalo pulang bawakan ruudjte nistelroy yah pak dosen :D

    @ma2nn-smile:
    ya gitu deh lagunya

    @escoret:
    mangstap bos!!

    @-=«GoenRock®»=-:
    grrrrr….

    @okta sihotang:
    hehe, itulah bro. mana otsus yang dibilang2 ituh. dari jaman dulu sampe sekarang sama aja. huhhhh

    @Michael-BT :
    Pulang sudah. Papua panggil ko pulang tu

    @Gank IA-5 BUNTA
    makasih…

    @ridho:
    yah cinta tanah air lah :)

    @ibach77:
    betchul sekali

    @Mae:
    adu pren, sa tra tau ituh. wadow.. dong su nikah juga ee.. salam aja buat dorang dua ne :D kapan ko pulang sorong lagi ka?

    @amma:
    ow.. adeknya mbak amma juga disorong? waaaah… hehehe. sekali2 main ke sorong mbak :D

  22. 26 nayya Maret 25, 2009 pukul 7:56 am

    i lagi nyari,apa maksud dari lagu Apuse? help me…………………..

  23. 28 HARIS Juli 1, 2009 pukul 12:17 am

    Salam kenal. Saya tondy. Saya kbetulan saja disini. Jujur menurut saya lagu Tanah papua adalah gambaran kecil ttg papua yg sebenarnya dan sekedar info,kebetulan saya punya kenangan sendiri dgn papua.Di profinsi yg katanya terbelakang ini,ternyata mereka menggunakan bahasa indonesia dgn baik dan benar dan santun sekali. Papua i love you.

  24. 29 HARIS Juli 1, 2009 pukul 12:24 am

    Sa su lama tra ke sana su kangen ko. via ini saya titip salam Toex Desy JaPa dari sorong (Jawa Papua) di UnCen. Ko tra rindu pada ku kah.

  25. 30 your video Oktober 5, 2010 pukul 7:09 am

    mantap…….btw video tentang papua ada semua di
    http://www.kubur.co.cc
    jangan lupa di kunjungi yach…thanks

  26. 31 H.Munir Timika Mei 18, 2011 pukul 7:19 am

    lirik lagu tanah papua dibait kedua dari terakhir kurang lengkap,lengkapnya Mengalirkan emas..I Love you Papua

  27. 32 M.Fachryyanto(ZpenZh4) Juli 26, 2011 pukul 3:53 pm

    Walaupn ku asli orng jwa klu blh jjr papua sngt indah dri pntai psr ptih dn penduduk’a sngt rmah

    **I Love You Papua**

  28. 33 kurniadi September 27, 2011 pukul 6:30 pm

    lagunya bagus bangetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt.

  29. 34 suprama simatupang September 29, 2011 pukul 6:55 am

    tolong ketik bagi siapa yang tahu lagu tanah papua

    tolong e sobat sobat dari papua tuliskan texnya thank’s

  30. 35 BaNDaR_PaPua November 19, 2011 pukul 9:26 am

    ini video nya. selamat menikmati..

  31. 37 Muhammad Khalil Gibran Maret 5, 2012 pukul 3:03 pm

    minta kord gitar lagu Tanah Papua donk….

  32. 38 mirino zamir Juli 24, 2012 pukul 11:46 am

    papua adlah pulau yag mnyimpan bnyak misteri, menyimpan bnyak kekayaan,, namun penduduk asli orang papu hdupnya miskin namun mreka sangat berbhagia hidup di tanah sendiri,, susan n senang dijalani bersama. orng papua adlah orang2 yg sangat toleransi kpada umat agma lainnya. tdak pernah ada intimidasi atas agama trtentu,, santun dlam berbicara,, ramah kepada semua orang,, namu orang papua sangat tidak suka jika diperlakukan sperti tak mempunyai rumah, maka distulah puncak emosi orang papua akan terbongkar. orang papua jika diperlakukan dgan baik maka mreka akan lbih baik lg, tp jgan diperlakukan dgan kasar, krna mreka akan lebih kasar lagi. I LOVE PAPUAku

  33. 39 Ada Apa Dengan Chibe Desember 5, 2012 pukul 1:56 pm

    terlalu banyak kenangan di lagu ini . dan terlalu banyak misteri di dalam nya . aku papua …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Selamat Datang

Ini tempat pembuangan sampah-sampah pikiran saya saja. Sekedar dibaca, ga papa kok. Dikasih komen, syukurlah. Gak juga, santai aja.

Cuman pengen kenalan ma saya? Di sini tempatnya *sok keren*. Ingin menanyakan sesuatu sama saya? ke sana saja yah.

Blog ini pake moderasi untuk yang baru komen pertama kali. Dan juga, saya agak esmosi sama komen yang ada SARA dan promosi-promosi taik kucing itu, jadi saya berhak mengedit dan menghapus kalau dibutuhkan.

Akhir kata, semoga anda tidak tersesat disini, karna kalau hujan, ntar becek trus gak ada ojek yang bisa nganterin anda pulang.
*kriukk*

Okey!

Cinta sama ini

Bangga Bergabung Bersama

Photobucket

RSS Detik Sepakbola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Dukung Ini


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: